Kamis, 04 Desember 2014

HIKMAT DALAM ALKITAB PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU

 1. Dalam Perjanjian Lama (PL)


Seperti halnya kebajikan intelektual Ibrani, hikmat (umumnya dipakai kata חָכְמָה - "KHAKMAH", meskipun juga dipakai kata lain, misalnya בִּינָה - "BINAH", pengertian (Ayub 39:20), atau kata תְבוּנָה - "TEVUNAH", kebijakan (Mazmur 136:5; 1 Raja 4:29) senantiasa adalah praktis, bukan teoritis.

    * Ayub 39:20
    karena Allah tidak memberikannya hikmat, dan tidak membagikan pengertian kepadanya

    KJV 39:17, Because God hath deprived her of wisdom, neither hath he imparted to her understanding.
    Hebrew,
    כִּי־הִשָּׁהּ אֱלֹוהַּ חָכְמָה וְלֹא־חָלַק לָהּ בַּבִּינָה׃
    Translit, KI-HISYAH 'ELOHA KHAKHMAH VELO-KHALAQ LA BABINAH

    * 1 Raja 4:29
    Dan Allah memberikan kepada Salomo hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut,

    KJV, And God gave Solomon wisdom and understanding exceeding much, and largeness of heart, even as the sand that is on the sea shore.
    Hebrew,
    וַיִּתֵּן אֱלֹהִים חָכְמָה לִשְׁלֹמֹה וּתְבוּנָה הַרְבֵּה מְאֹד וְרֹחַב לֵב כַּחֹול אֲשֶׁר עַל־שְׂפַת הַיָּם׃
    Translit, VAYITEN 'ELOHIM KHAKHMAH LISYLOMOH UTEVUNAH HAREBEH ME'OD VEROKHAV LEV KAKHOL 'ASYER 'AL-SEFAT HAYAM

    * Mazmur 136:5
    Kepada Dia yang menjadikan langit dengan kebijaksanaan! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

    KJV, To him that by wisdom[/B] made the heavens: for his mercy endureth for ever.
    Hebrew,
    לְעֹשֵׂה הַשָּׁמַיִם בִּתְבוּנָה כִּי לְעֹולָם חַסְדֹּו׃
    Translit, LE'OSEH HASYAMAYIM BITVUNAH KI LE'OLAM KHASDO


Pada dasarnya hikmat adalah kepintaran mencapai hasil, menyusun rencana yang benar untuk memperoleh hasil yang dikehendaki. Tempat kedudukannya ialah hati, pusat keputusan moral dan intelektual

    * 1 Raja 3:9,12
    3:9 Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?"
    3:12 maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorang pun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorang pun seperti engkau.

Mereka yang memiliki kecakapan tekhnis disebut bijaksana, antra lain :

Bezaleel, pengerajin kemah pertemuan (LAI TB, menterjemahkan dengan 'pengertian'):

    * Keluaran 31:2-3
    31:2 "Lihat, telah Kutunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda,
    31:3 dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian (KHAKMAH) dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan

Juga seniman patung (Yesaya 40:20;Yeremia 10:9); Para perempuan peratap (Yeremia 9:17); Para pengemudi kapal atau para pembuat kapal (Yehezkiel 27:8-9). Hikmat praktis dapat membawa serta segi jahat, seperti dalam nasihat licik Yohandap (2 Samuel 13:3)


Raja-raja dan para pemimpin secara khusus membutuhkan hikmat. Pada mereka bergantung keputusan-keputusan yang tepat dalam masalah sosial politik.


a. Yosua :

    * Ulangan 34:9
    Dan Yosua bin Nun penuh dengan roh kebijaksanaan, sebab Musa telah meletakkan tangannya ke atasnya. Sebab itu orang Israel mendengarkan dia dan melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

    KJV, And Joshua the son of Nun was full of the spirit of wisdom; for Moses had laid his hands upon him: and the children of Israel hearkened unto him, and did as the LORD commanded Moses.
    Hebrew,
    וִיהֹושֻׁעַ בִּן־נוּן מָלֵא רוּחַ חָכְמָה כִּי־סָמַךְ מֹשֶׁה אֶת־יָדָיו עָלָיו וַיִּשְׁמְעוּ אֵלָיו בְּנֵי־יִשְׂרָאֵל וַיַּעֲשׂוּ כַּאֲשֶׁר צִוָּה יְהוָה אֶת־מֹשֶׁה׃
    Translit, VIHOSYU'A BIN-NUN MALE RU'AKH KHAKHMAH KI-SAMAKH MOSYEH ET-YADAV ALAV VAYISYME'U ELAV BENEI-YISRA'EL VAYA'ASU KA'ASYER TSIVA YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) ET-MOSYEH

b. Daud :

    * 2 Samuel 14:20
    Dengan maksud untuk mengubah rupa perkara itu maka hambamu Yoab melakukan perkara ini. Tetapi tuanku bijaksana sama seperti malaikat Allah, sehingga mengetahui semua yang terjadi di bumi."

    KJV, To fetch about this form of speech hath thy servant Joab done this thing: and my lord is wise, according to the wisdom of an angel of God, to know all things that are in the earth.
    Hebrew,
    לְבַעֲבוּר סַבֵּב אֶת־פְּנֵי הַדָּבָר עָשָׂה עַבְדְּךָ יֹואָב אֶת־הַדָּבָר הַזֶּה וַאדֹנִי חָכָם כְּחָכְמַת מַלְאַךְ הָאֱלֹהִים לָדַעַת אֶת־כָּל־אֲשֶׁר בָּאָרֶץ׃ ס
    Translit, LEVA'AVUR SABEV 'ET-PENEY HADAVAR ASAH AVDEKHA YO'AV 'ET-HADAVAR HAZEH VADONI KHAKHAM KEKHAKHMAT MALAKH HA'ELOHIM LADA'AT 'ET-KOL-'ASYER BA'ARETS


c. Salomo :

    * 1 Raja 3:9,12
    3:9 Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?"
    KJV, Give therefore thy servant an understanding heart to judge thy people, that I may discern between good and bad: for who is able to judge this thy so great a people?
    Hebrew,
    וְנָתַתָּ לְעַבְדְּךָ לֵב שֹׁמֵעַ לִשְׁפֹּט אֶת־עַמְּךָ לְהָבִין בֵּין־טֹוב לְרָע כִּי מִי יוּכַל לִשְׁפֹּט אֶת־עַמְּךָ הַכָּבֵד הַזֶּה
    Translit, VENATATA LE'AVDEKHA LEV SYOME'A LISYPOT 'ET-'AMKHA LEHAVIN BE'IN-TOV LERA KI MI YUKHAL LISYPOT 'ET-AMKHA HAKAVED HAZEH

    3:12 maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorang pun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorang pun seperti engkau.
    KJV, Behold, I have done according to thy words: lo, I have given thee a wise and an understanding heart; so that there was none like thee before thee, neither after thee shall any arise like unto thee.
    Hebrew,
    הִנֵּה עָשִׂיתִי כִּדְבָרֶיךָ הִנֵּה נָתַתִּי לְךָ לֵב חָכָם וְנָבֹון אֲשֶׁר כָּמֹוךָ לֹא־הָיָה לְפָנֶיךָ וְאַחֲרֶיךָ לֹא־יָקוּם כָּמֹוךָ׃
    Translit, HINEH ASITI KIDVAREIKHA HINEH NATATI LEKHA LEV KHAKHAM VENAVON 'ASYER KAMOKHA LO-HAYAH LEFANEIKHA VE'AKHAREIKHA LO-YAQUM KAMOKHA

Lihat juga 1 Raja 4:29. Mereka dikaruniai hikmat/kebijaksanaan untuk memampukan tugas-tugas resmi mereka .


Raja Mesianik dalam Yesaya 11:2 akan dilengkapi dengan Roh Hikmat untuk menghakimi dengan adi. "Penasihat Ajaib" dalam Yesaya 9:5 menandaskan bahwa nasehatnya akan menampakkan hasil yang menakjubkan.

    * Yesaya 11:2
    Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;

    KJV, And the spirit of the LORD shall rest upon him, the spirit of wisdom and understanding, the spirit of counsel and might, the spirit of knowledge and of the fear of the LORD;
    Hebrew,
    וְנָחָה עָלָיו רוּחַ יְהוָה רוּחַ חָכְמָה וּבִינָה רוּחַ עֵצָה וּגְבוּרָה רוּחַ דַּעַת וְיִרְאַת יְהוָה׃
    Translit, VENAKHAH ALAV RU'AKH YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) RU'AKH KHAKHMAH UVINAH RU'AKH 'ETSAH UGEVURAH RU'AKH DA'AT VEYIRAT YEHOVAH (dibaca: 'Adonay)

    * Yesaya 9:5
    Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

    KJV, For unto us a child is born, unto us a son is given: and the government shall be upon his shoulder: and his name shall be called Wonderful, Counsellor, The mighty God, The everlasting Father, The Prince of Peace.
    Hebrew,
    כִּי־יֶלֶד יֻלַּד־לָנוּ בֵּן נִתַּן־לָנוּ וַתְּהִי הַמִּשְׂרָה עַל־שִׁכְמֹו וַיִּקְרָא שְׁמֹו פֶּלֶא יֹועֵץ אֵל גִּבֹּור אֲבִיעַד שַׂר־שָׁלֹום׃
    Translit, KI-YELED YULAD-LANU BEN NITAN-LANU VATEHI HAMISRAH 'AL-SYIKHMO VAYIQRA SYEMO PELE YO'ETS 'EL GIBOR 'AVI-'AD SARO-SYALOM


Suatu kelas khusus orang bijaksana (laki-laki atau perempuan, lihat 2 Samuel 14:2) nampaknya berkembang selama pemerintahan monarki. Pada masa Yeremia, mereka mempunia peranan penting disamping nabi-nabi dan para imam, sebagai yang berpengaruh besar atas masalah agama dan sosial. Tugas mereka ialah merumuskan nasehat untuh meraih hidup yang berhasil :

    * Yeremia 18:18
    Berkatalah mereka: "Marilah kita mengadakan persepakatan terhadap Yeremia, sebab imam tidak akan kehabisan pengajaran, orang bijaksana tidak akan kehabisan nasihat dan nabi tidak akan kehabisan firman. Marilah kita memukul dia dengan bahasanya sendiri dan jangan memperhatikan setiap perkataannya!"

    KJV, Then said they, Come and let us devise devices against Jeremiah; for the law shall not perish from the priest, nor counsel from the wise, nor the word from the prophet. Come, and let us smite him with the tongue, and let us not give heed to any of his words.
    Hebrew
    וַיֹּאמְרוּ לְכוּ וְנַחְשְׁבָה עַל־יִרְמְיָהוּ מַחֲשָׁבֹות כִּי לֹא־תֹאבַד תֹּורָה מִכֹּהֵן וְעֵצָה מֵחָכָם וְדָבָר מִנָּבִיא לְכוּ וְנַכֵּהוּ בַלָּשֹׁון וְאַל־נַקְשִׁיבָה אֶל־כָּל־דְּבָרָיו׃
    Translit, VAYOMRU LEKHU VENAKHSYEVA 'AL-YIRMEYAHU MAKHASHAVOT KI LO-TOVAD TORA MIKOHEN VE'ETSAH MEKHAKHAM VEDAVAR MINAVI LEKHU VENAKEHU VALASYON VE'AL-NAQSYIVAH 'EL-KOL-DEVARAV


Orang bijaksana atau penasehat berperan sebagai 'bapak' dalam hubungannya dengan orag-orang yang kesejahteraan mereka bergantungpada nasehatnya. Misalnya, Yusuf menjadi 'bapak' bagi Firaun (Kejadian 45:8 ). Deborah menjadi 'ibu' bagi Israel (Hakim 5:7).

Hikmat dalam arti utuh dan mutlak hanyalah milik Allah (Ayub 12:13 dab; Yesaya 32:2; Daniel 2:20-23) Hikmat Allah mencakup bukan hanya sempurnanya dan lengkapnya pengetahuan-Nya mengenai setiap segi bidang kehidupan, tapi juga mencakup kedaulatanNya menggenapi tuntas apa yang ada dalam pikiranNya, dan yang mustahil dapat digagalkan (Ayub 10:4; Ayub 26:6; Amsal 5:21; Amsal 15:3)

Alam semesta (Amsal 3:19; Amsal 8:22-31; Yeremia 10:12) dan manusia (Ayub 10:8 dab; Mazmur 104:24; Amsal 14:31; Amsal 22:2) adalah buah karya hikmatNya yang kreatif :

Proses-proses alamiah (Yesaya 28:23-29) dan historis (Yesaya 31:2) dibawah kendali hikmatNya, meliputi pembedaan sempurna antara baik dan jahat yang merupakan dasar untuk pahala dan hukuman yang diperoleh orang benar dan orang jahat (Mazmur pasal 1; 37; 73; Amsal 10:3; 11:4; 12:2 dst).

Allah dalam rahmatNya harus menyatakan kalau manusia hendak menanggapinya juga : (Ayub 28:23,28 ). Bahkan kebijaksanaan yang berdasarkan kecakapan alamiah atau yang disaring dari pengalaman, adalah karunia rahmani, sebab kegiatan kreatif Allah sendirilah yang memungkinkan perolehan kebijaksanaan yang demikian itu.

Hikmat Alkitabiah adalahs ekaligus sifat agamawi dan praktis dan berasal dari "takut kepada TUHAN" (Ayub 28:28; Mazmur 111:10; Amsal 1:7; 9:10)


    * Mazmur 111:10
    Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya.

    KJV, The fear of the LORD is the beginning of wisdom: a good understanding have all they that do his commandments: his praise endureth for ever.
    Hebrew
    רֵאשִׁית חָכְמָה יִרְאַת יְהוָה שֵׂכֶל טֹוב לְכָל־עֹשֵׂיהֶם תְּהִלָּתֹו עֹמֶדֶת לָעַד׃
    Translit, RESYIT KHAKHMAH YIRAT YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) SEKHEL TOV LEKHOL-'OSEIHEM TEHILATO 'OMEDET LA'AD


Hikmat berkembang menyentuh segenap hidup, seperti ditunjukkan dan dijelaskan secara luas dalam Amsal. Hikmat memperoleh pengertian yang dikumpulkan dari pengatahuan tentang jalan-jalam Allah dan menerapkannya dalam hidup sehari-hari. Gabungan antara pengertian dan ketaatan ini (dan segala pengertian yang mendalam harus beralaskan ketaatan) menghubungkan hikmat dan pengetahuan akan Allah, yang diberi penekanan oleh para nabio (seperti kasih yang tulus dan ketaatan), (umpamanya di Hosea 2:20; 4:1,6; 6:6; Yeremia 4:22; 9:3,6; dan terutama pada Amsal 9:10).

Kebijakan kafir kendati mungkin juga agamawi, tidak berlabuh pada perjanjian Allah, dan karena itu pasti gagal,s eprtis eringkali ditunjukkan oleh nabi-nabi (Yesaya 19:11 dab; Yehezkiel 28:2 dab; Obaja 8 ). Apabila sekularisme, meterialisme, dan penghinaan terhadap cita-cita perjanjian menggusur 'takut akan Allah' dari hikmat Israel, maka ia praktis menjadi ateisme, yang sama hambarnya dengan kebijakan kafir, atau seperti kecaman Yesaya : "Celakalah mereka yang memandang dirinya bijaksana" (Yesaya 5:21 bandingkan dengan Yesaya 29:14; Yeremia 18:18 )

    * Yesaya 5:21
    Celakalah mereka yang memandang dirinya bijaksana, yang menganggap dirinya pintar!

    KJV, Woe unto them that are wise in their own eyes, and prudent in their own sight!
    Hebrew,
    הֹוי חֲכָמִים בְּעֵינֵיהֶם וְנֶגֶד פְּנֵיהֶם נְבֹנִים׃
    Translit, HOY KHAKHAMIM BE'EINEIHEM VENEGED PENEIHEM NEVONIM

    * Yesaya 29:14
    maka sebab itu, sesungguhnya, Aku akan melakukan pula hal-hal yang ajaib kepada bangsa ini, keajaiban yang menakjubkan; hikmat orang-orangnya yang berhikmat akan hilang, dan kearifan orang-orangnya yang arif akan bersembunyi."

    KJV, Therefore, behold, I will proceed to do a marvellous work among this people, even a marvellous work and a wonder: for the wisdom of their wise men shall perish, and the understanding of their prudent men shall be hid.
    Hebrew,
    לָכֵן הִנְנִי יֹוסִף לְהַפְלִיא אֶת־הָעָם־הַזֶּה הַפְלֵא וָפֶלֶא וְאָבְדָה חָכְמַת חֲכָמָיו וּבִינַת נְבֹנָיו תִּסְתַּתָּר׃ ס
    Translit, LAKHEN HINNI YOSIF LEHAFLI ET-HA'AM-HAZE HAFELE VAFELE VE'AVDA KHAKHMAT KHAKHAMAV 'UVINAT NEVONAV TISTATAR


Masalah istimewa adalah mempersonifikasikan hikmat dalam Amsal 8:22 dab (oleh sebagian penafsir ayat ini digunakan untuk merendahkan status Yesus sepenuhnya sebagai 'ciptaan', lihat penjelasannya di viewtopic.php?p=323#323 ).

Ayub pasal 28 melakukan personifikasi dengan melukiskan hikmat sebagai suatu rahasia yang tak terselami manusia, tapi jelas bagi Allah :

    * Ayub 28:1-28 Manusia tidak dapat menemukan hikmat
    28:1 "Memang ada tempat orang menambang perak dan tempat orang melimbang emas;
    28:2 besi digali dari dalam tanah, dan dari batu dilelehkan tembaga.
    28:3 Orang menyudahi kegelapan, dan batu diselidikinya sampai sedalam-dalamnya, di dalam kekelaman dan kelam pekat.
    28:4 Orang menggali tambang jauh dari tempat kediaman manusia, mereka dilupakan oleh orang-orang yang berjalan di atas, mereka melayang-layang jauh dari manusia.
    28:5 Tanah yang menghasilkan pangan, dibawahnya dibongkar-bangkir seperti oleh api.
    28:6 Batunya adalah tempat menemukan lazurit yang mengandung emas urai.
    28:7 Jalan ke sana tidak dikenal seekor burung buas pun, dan mata elang tidak melihatnya;
    28:8 binatang yang ganas tidak menginjakkan kakinya di sana dan singa tidak melangkah melaluinya.
    28:9 Manusia melekatkan tangannya pada batu yang keras, ia membongkar-bangkir gunung-gunung sampai pada akar-akarnya;
    28:10 di dalam gunung batu ia menggali terowongan, dan matanya melihat segala sesuatu yang berharga;
    28:11 air sungai yang merembes dibendungnya, dan apa yang tersembunyi dibawanya ke tempat terang.
    28:12 Tetapi di mana hikmat dapat diperoleh, di mana tempat akal budi?
    28:13 Jalan ke sana tidak diketahui manusia, dan tidak didapati di negeri orang hidup.
    28:14 Kata samudera raya: Ia tidak terdapat di dalamku, dan kata laut: Ia tidak ada padaku.
    28:15 Untuk gantinya tidak dapat diberikan emas murni, dan harganya tidak dapat ditimbang dengan perak.
    28:16 Ia tidak dapat dinilai dengan emas Ofir, ataupun dengan permata krisopras yang mahal atau dengan permata lazurit;
    28:17 tidak dapat diimbangi oleh emas, atau kaca, ataupun ditukar dengan permata dari emas tua.
    28:18 Baik gewang, baik hablur, tidak terhitung lagi; memiliki hikmat adalah lebih baik dari pada mutiara.
    28:19 Permata krisolit Etiopia tidak dapat mengimbanginya, ia tidak dapat dinilai dengan emas murni.
    28:20 Hikmat itu, dari manakah datangnya, atau akal budi, di manakah tempatnya?
    28:21 Ia terlindung dari mata segala yang hidup, bahkan tersembunyi bagi burung di udara.
    28:22 Kebinasaan dan maut berkata: Hanya desas-desusnya yang sampai ke telinga kami.
    28:23 Allah mengetahui jalan ke sana, Ia juga mengenal tempat kediamannya.
    28:24 Karena Ia memandang sampai ke ujung-ujung bumi, dan melihat segala sesuatu yang ada di kolong langit.
    28:25 Ketika Ia menetapkan kekuatan angin, dan mengatur banyaknya air,
    28:26 ketika Ia membuat ketetapan bagi hujan, dan jalan bagi kilat guruh,
    28:27 ketika itulah Ia melihat hikmat, lalu memberitakannya, menetapkannya, bahkan menyelidikinya;
    28:28 tetapi kepada manusia Ia berfirman: Sesungguhnya, takut akan Tuhan, itulah hikmat, dan menjauhi kejahatan itulah akal budi."


Dalam Amsal 1:20-33 hikmat disamakan dengan seorang wanita yang berseru-seru menghimbau sejumlah lelaki supaya kembali dari jalan mereka yang bodoh, dan supaya mendapatkan pengajaran dan keamanan padanya (lihat juga Amsal 3:15-20). Pem-personifikasian itu berlanjut dalam Amsal 8 dan mencapai puncaknya dalam ayat 22 dab. yang didalamnya hikmat menyatakan diri sebagai milik Allah yang dari mulanya, dan barangkali sebagai pembatu dalam pekerjaan penciptaan (Amsal 8:30, bandingkan dengan Amsal 3:19; kata 'AMON yang sulit itu, 'anak kesayangan', lebih cocok diterjemahkan 'mandor' menurut WF Albright).

Bahwa hikmat menyebut satu-per-satu isi surat kuasanya, tujuannya ialah supaya orang benar-benar memperhatikannya, seperti ditunjukkan oleh Amsal 8:32-36. Karena itu, pembaca bagian ini harus berhati-hati terhadap pandangan hipostatisasi, yakni pandangan yang mengatakan bahwa hikmat mempunyai eksistensi yang mandiri. Penolakan yang khas Ibrani terhadap spekulasi dan abstraksi, seringkali membawa penyair-penyair mereka memperlakukan objek-objek yang tak bernyawa atau cita-cita seolah-olah memiliki kepribadian.


2. Dalam Perjanjian Baru (PB)

Pada umumnya PB memakai kata "σοφια - SOPHIA". Dalam PB, hikmat juga bersifat praktis, sama seperti dalam PL. Hikmat dalam Alkitab meliputi pemahaman tentang karya penyelamatan Allah dalam Kristus kepada manusia.

Hikmat adalah karunia Allah atau 'melawan' Allah : Kalau hikmat diceraikan dari pernyataan Allah, maka makna hikmat itu dipermiskin (1 Korintus 2:4 ; 1:17 ; 2 Korintus 1:12). Tidak berhikmat adalah bodoh (1 Korintus 1:19-31), atau paling jeleknya adalah "jahat" (Yakobus 3:13-18 ).

Hikmat jarang netral, meskipun bandingkan 'hikmat orang Mesir' (Kisah 7:22), dalam ayat ini yang 'hikmat' yang dimaksudkan adalah pengetahuan dan tekhnologi Mesir yang kala itu peradaban Mesir lebih dari bangsa-bangsa lain.
Musa telah dididik dalam istana Firaun sebagaimana seorang pangeran dengan berbagai pengetahuan dan ketangkasan, sehingga pada waktu itu dalam diri Musa mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang-orang lain dari bangsanya yang menjadi budak kasar dan tidak pernah mengenyam pendidikan. Kelebihan ini turut menentukan Musa untuk memimpin bangsa Israel:

    * Kisah 7:22
    Dan Musa dididik dalam segala hikmat orang Mesir, dan ia berkuasa dalam perkataan dan perbuatannya.

    KJV, And Moses was learned in all the wisdom of the Egyptians, and was mighty in words and in deeds.
    TR, και επαιδευθη μωσης παση σοφια αιγυπτιων ην δε δυνατος εν λογοις και εν εργοις
    Translit, kai epaideuthê môsês pasê sophia aiguptiôn ên de dunatos en logois kai en ergois


Kebijakan duniawi didasarkan pada pranata dan pengalaman tanpa penyataan, dan dengan demikian sangat terbatas. Kegagalan untuk mengakui keterbatasan-keterbatasan itu mendatangkan penghukuman Alkitabiah atas semua (terutama orang Yunani) yang dengan sombong berusaha mengatasi masalah-masalah rohani dengan hikmat manusia.


Orang yang benar berhikmat ialah mereka yang kepadanya Allah memberikan hikmat sebagai karunia :

    a. Salomo (Matius 12:42; Lukas 11:31);
    b. Stefanus (Kisah 6:8-10);
    c. Paulus (2 Petrus 3:15)
    d. Yusuf (Kisah 7:9-15)

Salah satu karunia Kristus kepada murid-muridNya ialah hikmat untuk mengatakan hal yang benar pada masa-masa penganiayaan dan pencobaan (Lukas 21:15).


Hikmat yang sama dibutuhkan untuk memahami nubuat dan teka-teki apokaliptik (Wahyu 13:18; 17:9). Hikmat mutlak perlu bukan saja bagi para pemimpin gereja (Kisah 6:3), tapi juga bagi orang-orang percaya guna memahami maksud-maksud Allah dalam penyelamatan (Efesus 1:8-9), dan supaya dapat berjalan seperti semestinya di hadirat Allah (Kolose 1:9; Yakobus 1:5; 3:13-17) :

    * Efesus 1:8-9
    1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
    KJV, Wherein he hath abounded toward us in all wisdom and prudence;
    TR, ης επερισσευσεν εις ημας εν παση σοφια και φρονησει
    Translit, hês eperisseusen eis hêmas en pasê sophia kai phronêsei

    1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
    KJV, Having made known unto us the mystery of his will, according to his good pleasure which he hath purposed in himself:
    TR, γνωρισας ημιν το μυστηριον του θεληματος αυτου κατα την ευδοκιαν αυτου ην προεθετο εν αυτω
    Translit, gnôrisas hêmin to mustêrion tou thelêmatos autou kata tên eudokian autou ên proetheto en autô


    * Kolose 1:9
    Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna,

    KJV, For this cause we also, since the day we heard it, do not cease to pray for you, and to desire that ye might be filled with the knowledge of his will in all wisdom and spiritual understanding;
    TR, δια τουτο και ημεις αφ ης ημερας ηκουσαμεν ου παυομεθα υπερ υμων προσευχομενοι και αιτουμενοι ινα πληρωθητε την επιγνωσιν του θεληματος αυτου εν παση σοφια και συνεσει πνευματικη
    Translit, dia touto kai hêmeis aph hês hêmeras êkousamen ou pauometha huper humôn proseuchomenoi kai aitoumenoi hina plêrôthête tên epignôsin tou thelêmatos autou en pasê sophia kai sunesei pneumatikê


    * Yakobus 1:5
    Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, -- yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit --, maka hal itu akan diberikan kepadanya.

    KJV, If any of you lack wisdom, let him ask of God, that giveth to all men liberally, and upbraideth not; and it shall be given him.
    TR, ει δε τις υμων λειπεται σοφιας αιτειτω παρα του διδοντος θεου πασιν απλως και μη ονειδιζοντος και δοθησεται αυτω
    Translit, ei de tis humôn leipetai sophias aiteitô para tou didontos theou pasin aplôs kai mê oneidizontos kai dothêsetai autô


    * Yakobus 3:13-17
    3:13 Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan.
    3:14 Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!
    3:15 Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan.
    3:16 Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.
    3:17 Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.


Hikmat juga diperlukan supaya berhati-hati di depan orang-orang yang tidak percaya :

    * Kolose 4:5
    Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada.

    KJV, Walk in wisdom toward them that are without, redeeming the time.
    TR, εν σοφια περιπατειτε προς τους εξω τον καιρον εξαγοραζομενοι
    Translit, en sophia peripateite pros tous exô ton kairon exagorazomenoi


Sebagaimana Paulus telah mengajar para pendengarnya dalam segala hikmat (Kolose 1:28 ), demikian pula dendaknya mereka yang telah cukup dewasa untuk memahami hikmat rohani (1 Korintus 2:6-7), wajib pula mengajar orang-orang laindalam Hikmat (Kolose 3:16) :

    * Kolose 1:28
    Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

    KJV, Whom we preach, warning every man, and teaching every man in all wisdom; that we may present every man perfect in Christ Jesus:
    TR, ον ημεις καταγγελλομεν νουθετουντες παντα ανθρωπον και διδασκοντες παντα ανθρωπον εν παση σοφια ινα παραστησωμεν παντα ανθρωπον τελειον εν χριστω ιησου
    Ttranslit, hon hêmeis kataggellomen nouthetountes panta anthrôpon kai didaskontes panta anthrôpon en pasê sophia hina parastêsômen panta anthrôpon teleion en khristô iêsou


    * 1 Korintus 2:6-7
    2:6 Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan.
    KJV, Howbeit we speak wisdom among them that are perfect: yet not the wisdom of this world, nor of the princes of this world, that come to nought:
    TR, σοφιαν δε λαλουμεν εν τοις τελειοις σοφιαν δε ου του αιωνος τουτου ουδε των αρχοντων του αιωνος τουτου των καταργουμενων
    Translit, sophian de laloumen en tois teleiois sophian de ou tou aiônos toutou oude tôn archontôn tou aiônos toutou tôn katargoumenôn

    2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.
    KJV, But we speak the wisdom of God in a mystery, even the hidden wisdom, which God ordained before the world unto our glory:
    TR, αλλα λαλουμεν σοφιαν θεου εν μυστηριω την αποκεκρυμμενην ην προωρισεν ο θεος προ των αιωνων εις δοξαν ημων
    Translit, alla laloumen sophian theou en mustêriô tên apokekrummenên ên proôrisen ho theos pro tôn aiônôn eis doxan hêmôn


    * Kolose 3:16
    Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

    KJV, Let the word of Christ dwell in you richly in all wisdom; teaching and admonishing one another in psalms and hymns and spiritual songs, singing with grace in your hearts to the Lord.
    TR, ο λογος του χριστου ενοικειτω εν υμιν πλουσιως εν παση σοφια διδασκοντες και νουθετουντες εαυτους ψαλμοις και υμνοις και ωδαις πνευματικαις εν χαριτι αδοντες εν τη καρδια υμων τω κυριω
    Translit, ho logos tou khristou enoikeitô en humin plousiôs en pasê sophia didaskontes kai nouthetountes eautous psalmois kai humnois kai ôdais pneumatikais en khariti adontes en tê kardia humôn tô kuriô

Hikmat Allah jelas ditunjukkan dalam persedianNya mengenai penebusan (Roma 11:33), yang dinyatakan kepada jemaatNya (Efesus 3:10). Itu dinyatakan dengan cara yang paling mantap 'bukannya didalam suatu ajaran untuk kelompok terbatas... yang ditujukan kepada... anggota-anggota suatu agama rahasia, melainkan dalam tindakan, yaitu tindakan Allah yang paling akbar dalam Kristus di kayu salib' (NW Porteus). Hikmat ini, yang sebelumnya terselubung bagi manusia, tak tersaingi baik oleh hikmat filsafat maupun oleh kebijakan praktis. Usaha-usaha manusia yang paling jitu untuk menguraikan masalah-masalah keberadaan manusia nampak sebagai kebodohan dalam terang salib.

Yesus Kristus yang berinkarnasi (menjadi daging) bertumbuh dalam hikmat (Lukas 2:40,52) sebagai anak-anak, dan sebagai manusia sejati Ia mencengangkan para pendengarNya dengan hikmatNya (Matius 13:54; Markus 6:2).

    * Lukas 2:40,52
    2:40 Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.
    KJV, And the child grew, and waxed strong in spirit, filled with wisdom: and the grace of God was upon him.
    TR, το δε παιδιον ηυξανεν και εκραταιουτο πνευματι πληρουμενον σοφιας και χαρις θεου ην επ αυτο
    Translit, to de paidion êuxanen kai ekrataiouto pneumati plêroumenon sophias kai kharis theou ên ep auto

    2:52 Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia
    KJV, And Jesus increased in wisdom and stature, and in favour with God and man.
    TR, και ιησους προεκοπτεν σοφια και ηλικια και χαριτι παρα θεω και ανθρωποις
    Translit, kai iêsous proekopten sophia kai êlikia kai khariti para theô kai anthrôpois


    * Matius 13:54
    Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?

    KJV, And when he was come into his own country, he taught them in their synagogue, insomuch that they were astonished, and said, Whence hath this man this wisdom, and these mighty works?
    TR, και ελθων εις την πατριδα αυτου εδιδασκεν αυτους εν τη συναγωγη αυτων ωστε εκπληττεσθαι αυτους και λεγειν ποθεν τουτω η σοφια αυτη και αι δυναμεις
    Translit, kai elthôn eis tên patrida autou edidasken autous en tê sunagôgê autôn hôste ekplêttesthai autous kai legein pothen toutô hê sophia autê kai ai dunameis


Klaim diriNya meliputi hikmat (Matius 12:42) dan pengetahuan yang unik tentang Allah (Matius 11:25 dab). Dia kali Ia mempersonifikasikan hikmat dengan cara yang mengingatkan orang pada Kitab Amsal; Matius 11:19 (Lukas 7:35) dan Lukas 11:49 (Matius 23:34 dab). Ada beberapa tafsiran yang mengatakan bahwa Kristus mengacu kepada diriNya sebagai "Hikmat" (lihat di pra-eksistensi-firman-vt153.html#p323 ). Kristologi hikmat Paulus (1 Korintus 1:24,30) barangkali dipengaruhi baik oleh klaim-klaim Kristus maupun oleh kesadaran rasuli (berdasarkan ajaran-ajaran Kristus dan para rasul) bahwa Ajaran Kristus adalah Taurat Baru (Hukum Baru), yaitu pernyataan kehendak Allah yang lengkap yang menggantikan Hukum Lama. Karena perintah dan hukum dihubungkan dalam Ulangan 4:6, dan terutama dalam pikiran Yahudi (umpamanya Ecclus 24:23, Apocalipse of Baruch 3:37 dst), maka bukannya tidak mungkin bahwa Paulus melihat dalam Kristus penggenapan Amsal 8:22 dab, itu kelihatan jelas pada Kolose 1:15 dab, yang secara setia mencerminkan penggambaran PL tentang Hikmat.

Kristologi hikmat Paulus adalah suatu konsepsi yang dinamis,s ebagaimana diperlihatkan pada penekanan kegiatan Kristus dalam penciptaan, dalam Kolose 1:15 dab, dan dalam penebusan serta 1 Korintus 1:24,30. Ayat-ayat terakhir menegaskan bahwa dalam penyaliban, Allah membuat Yesus menjadi hikmat kita, suatu hikmat yang lebih jauh diterangkan sebagai merangkumi pembenaran, pengudusan, dan penebusan. Sebagai Tuhan dari Jemaat, Ia disembelih lalu ditinggikan, Yesus Kristus dipuji sebagai layak untuk menerima hikmat (Wahyu 5:12). "Menerima" dalam ayat ini berarti pengakuan atas sifat-sifat yang telah menjadi milik Kristus; sebab didalam Dia tersembunyi segala harta hikmat (Kolose 2:3).




Blessings,
BP
February 8, 2007




Kepustakaan :

- WD Davies, Paul and Rabbinic Judaism, 0 147-176
- E Jacob & R Mehl, Vacabulary of the Bible, ed JJ von Allmen
- WG Lambert, , Babylonian Wisdom Literature
- H Conzelmann, , Wisdom in the NT, 756-960
- Ensiklopedia Alkitab, Vol 1, p 392-393.



Artikel terkait :
PRA-EKSISTENSI FIRMAN , di pra-eksistensi-firman-vt153.html#p323

Hikmat "Diciptakan" Allah, Amsal 8:22-31, di hikmat-diciptakan-allah-amsal-8-22-31-vt1819.html#p7848

1 Korintus 1:24 "Kristus hikmat Allah", di hikmat-diciptakan-allah-amsal-8-22-31-vt1819.html#p8087

HIKMAT ALLAH MENGALAHKAN KEJAHATAN, di hikmat-allah-mengalahkan-kejahatan-vt2971.html#p16774

Sumber :
http://www.sarapanpagi.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar